Jual label baju untuk sebuah merek sangat
menguntungkan bagi produsen yang ingin produknya dikenal dan memiliki ciri khas
yang berbeda dengan produk lain. Sejatinya, merek pada label baju memiliki
peranan penting bagi sebuah perusahaan dalam meraup keuntungan karena dapat
dijadikan pembeda dengan produk-produk lain sehingga konsumen dapat membeli
produk yang sama karena sudah mengetahui merek barang yang diinginkan melalui
label baju yang terdapat pada pakaian yang dibelinya. Manfaat utama sebuah label
baju tentunya sebagai ajang promosi yang sangat efektif karena murah. Bagi Anda
yang memiliki usaha pakaian, memiliki sebuah merek yang dituangkan dalam label
baju merupakan hal yang pokok dan wajib dimiliki. Tahukah Anda bahwa Merek tak
hanya sekadar jaminan kualitas. Di dalam sebuah merek terdapat makna yang
sangat berharga bagi produsen, diantaranya:
1.
Atribut produk, seperti halnya
kualitas, gengsi, nilai jual kembali desain, dan lain-lain. Sebuah produk menyatakan
apakah produk itu mahal, berkualitas, berkelas, produk yang dibuat dengan baik,
terancang baik, tahan lama, bergengsi tinggi, dan sebagainya.
2. Manfaat. Meskipun suatu merek membawa sejumlah atribut konsumen
sebenarnya membeli manfaat dari produk tersebut. Dalam hal ini atribut merek pada
label baju diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat fungsional atau
manfaat emosional. Sebagai gambaran, atribut “mahal” cenderung diterjemahkan
sebagai manfaat emosional, sehingga orang yang memakai pakaian akan merasa
dirinya dianggap penting dan dihargai.
3. Nilai. Merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai produsen. Misalnya,
pakaian bahan sutra menyatakan produk yang berkualitas tinggi, nyaman,
bergengsi, dan sebagainya. Dengan demikian produsen pakaian berbahan sutra juga
mendapat nilai tinggi di mata masyarakat.
4. Budaya. Merek juga mencerminkan budaya tertentu.
5. Kepribadian. Merek juga mencerminkan kepribadian tertentu. Sering
kali produk tertentu menggunakan kepribadian orang yang terkenal untuk
mendongkrak atau menopang merek produknya.
6.
Pemakai. Merek menunjukkan
jenis konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut. Pemakai Pakaian
dengan merek berkelas pada umumnya diasosikan dengan orang kaya, kalangan
manajer puncak, dan sebagainya.
Jadi, Merek adalah nama, tanda, simbol atau desain
atau kombinasi diantaranya, yang ditujukan untuk mendidentifikasi barang atau
jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk mebedakannya dari
pesaing. Oleh sebab itulah, pemasangan merek pakaian pada label baju
memiliki makna yang sangat dalam dan penting bagi pengusaha pakaian
0 komentar:
Posting Komentar